Liga Inggris
Liga Inggris

DUTASPORTS.com – Musim Liga Premier dan EFL akan dimulai kembali tidak lebih awal dari 30 April, Asosiasi Sepakbola Inggris telah mengumumkan.

Perwakilan dari 20 tim Liga Premier membahas opsi dalam panggilan konferensi video ketika mereka berupaya untuk menyelesaikan musim saat ini, meskipun coronavirus terus menyebar di seluruh Inggris.

Kontrak pemain kedaluwarsa pada 30 Juni atau berlangsung terus sampai musim 2020-21, menciptakan serangkaian masalah hukum yang sangat ingin dihindari otoritas pertandingan jika dampak dari Covid-19 memungkinkan.

UEFA ingin agar sepak bola domestik berakhir pada tanggal tersebut dan dipahami bahwa ada konsensus luas di antara klub-klub papan atas bahwa menyelesaikan musim lebih disukai tetapi beberapa pertandingan akan tertunda mungkin sampai akhir April atau bahkan lebih lama.

Seperti yang diungkapkan Standard Sport pada hari Senin, diskusi awal berpusat pada kemungkinan dimulainya kembali pertengahan Mei yang akan menciptakan setidaknya 11 minggu pertandingan untuk menyelesaikan pertandingan Liga Premier, EFL dan Piala FA yang luar biasa.

Namun, kembali bermain lebih awal jauh diminati mengingat desakan UEFA Liga Europa dan Final Liga Champions berlangsung masing-masing pada tanggal 24 Juni dan 27 Juni, memperkecil jangka waktu lebih lanjut.

Ada juga tekanan tambahan dari UEFA yang menetapkan Euro 2020 hingga Juni 2021.

Itu berarti penyelesaian akhir untuk kompetisi domestik 2019-20, adalah ketakutan terburuk dari Covid-19 yang disadari, akan membuat sakit kepala banyak pihak untuk bagaimana cara menyesuaikan diri dalam menyelesaikan musim 2020-21 pada waktunya untuk turnamen musim panas tahun depan.

Sangat tidak mungkin bahwa banyak keputusan pasti akan dibuat hari ini karena sepakbola terus memantau penyebaran Covid-19 dengan langkah-langkah pemerintah yang lebih ketat yang diharapkan akan dikenakan kepada publik dalam beberapa hari mendatang.

Beberapa klub akan kembali berlatih minggu depan dan saran diharapkan akan diperbarui apakah aman untuk melakukannya.

Pernyataan FA secara penuh

Pertandingan profesional FA, Liga Premier, EFL, dan wanita, bersama dengan PFA dan LMA, memahami bahwa kita berada dalam masa yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami turut prihatin untuk semua orang yang terkena dampak Covid-19.

Kami bersatu dalam komitmen kami untuk menemukan cara melanjutkan kembali musim sepak bola 2019/20 dan memastikan semua pertandingan liga dan piala klub domestik dan Eropa dimainkan segera setelah aman dan memungkinkan untuk melakukannya.

Kami telah secara kolektif mendukung UEFA dalam menunda EURO 2020 untuk menciptakan ruang dalam kalender untuk memastikan pertandingan liga dan piala klub domestik dan Eropa memiliki peluang yang lebih besar untuk dimainkan dan, dengan demikian, menjaga integritas setiap kompetisi.

Peraturan dan Regulasi FA menyatakan bahwa “musim akan berakhir selambat-lambatnya 1 Juni” dan “setiap kompetisi akan, dalam batas yang ditentukan oleh FA, menentukan panjang musim bermainnya sendiri”. Namun, Dewan FA telah menyetujui batas ini diperpanjang tanpa batas waktu untuk musim 2019/20 sehubungan dengan Sepak Bola Profesional. Selain itu, kami secara kolektif sepakat bahwa permainan profesional di Inggris akan ditunda lebih lanjut hingga paling lambat 30 April.

Perkembangan wabah Covid-19 masih belum jelas dan kami dapat meyakinkan semua orang bahwa kesehatan dan kesejahteraan pemain, staf, dan para pendukung adalah prioritas kami. Kami akan terus mengikuti saran Pemerintah dan bekerja secara kolaboratif untuk menjaga agar situasi tetap ditinjau dan mengeksplorasi semua opsi yang tersedia untuk menemukan cara untuk melanjutkan musim ketika kondisi memungkinkan.

Kami semua ingin menekankan kembali bahwa kami semua turut prihatin pada semua orang yang terpengaruh oleh Covid-19.