muhammad zohri
- Sponsor -

DUTASPORTS.com – Muhammad Zohri di pastikan berlaga di olimpiade 2020. Zohri merupakan pelari ketiga dari Indonesia yang akan berlaga pada lintasan olimpiade 2020 nanti.

Prestasi yang diraih pada tahun lalu sebagai juara dunia U-20 membuat Zohri menjadi pelari yang cukup dipertimbangkan oleh dunia, Zohri juga di pastikan akan ikut membela Indonesia pada Olimpiade 2020.

Pada Minggu (19 Mei 2019), Zohri keluar sebagai pelari ketiga yang menyentuh garis finish nomor sprint 100 meter Seiko Golden Grand Prix 2019 di Yanmar Stadium Nagai Osaka, Jepang.

Meski tidak menjadi juara pertama, tetapi catatan waktu Zohri masuk pada waktu minimal yang dibutuhkan untuk berkesempatan berlaga di Olimpiade 2020. Zohri berhasil finish pada 10,03 detik, menembus limit waktu minimal 10,05 detik.

“(Dengan capaian waktu ini) Zohri sudah lolos lewawt (kualifikasi) entry standard,” kata Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung pada Minggu (19 Mei 2019)

Memulai start pada lintasan kesembilan jalur terluar dan jamak merupakan lintasan yang bukan dianggap sebagai unggulan, hasil yang diraih oleh Zohri dinilai sudah sangat memuaskan. Zohri hanya tertinggal dari juara dunia asal Amerika Serikat, Justin Gatlin dengan catatan waktu 10,00 detik dan pelari juara Asia, Kiryu Yoshihide dengan catatan waktu 10,01 detik.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 nantinya, kuota yang tersedia adalah 56 pelari untuk nomor 100 meter. Humas PB PASI, Hendri Firzani mengatakan bahwa kepastian akhir akan ditentukan oleh pengumuman setelah masa kualifikasi pada Juli 2020 selesai dilaksanakan.

Sebagai informasi saat ini Muhammad Zohri menempati ranking ke-19 dunia. Untuk mengamankan posisi di Olimpiade 2020 nanti, Zohri sudah dijadwalkan untuk mengikuti kejuaraan dunia atletik di Doha, Qatar pada 27 September s/d 06 Oktober 2019.

Ada dua kualifikasi yang harus dipenuhi untuk terpilih sebagai peserta yang akan berlaga pada cabang lari nomor 100 meter putra yaitu :

Kualifikasi pertama, atau disebut dengan entry standard adalah harus bisa mendapatkan minimal waktu finish dibawah 10,05 detik pada nomor 100 meter putra dan kualifikasi kedua yaitu berdasarkan peringkat pelari dunia.

- Sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here