Formula 1 Singapura
- Sponsor -

DUTASPORTS.com – Meski ada kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Indonesia. Formula 1 tetap ingin balapan di sirkuit jalanan Marina Bay, Singapura.

Kualitas udara di Singapura saat ini memang sempat membuat para pihak cemas untuk melanjutkan balapan karena keadaan yang cukup berbahaya akibat kebakaran hutan yang melanda Riau, Indonesia.

Badan lingkungan Nasional (NEA) Singapura bahkan merilis peringatan bahwa kualitas udara biasa memburuk dalam 24 jam dan meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Tetap Ingin Gelar Balapan di Singapura

Pekan balap di Marina Bay memang dikenal sebagai salah satu yang tersulit dan terberat dalam kalender balap F1. Selain cuacanya yang panas dan lembap, trek tersebut sangat teknis dan sempit, membuat pebalap harus bekerja lebih keras demi meraih hasil baik. Ditambah polusi udara, situasi ini jelas tak membantu. Meski begitu pihak penyelenggara F1 berharap bisa tetap menggelar balapan di sirkuit itu.

“Penyelenggara balapan di Singapura telah coba mengatasi masalah kualitas udara demi rencana gelaran Grand Prix tahun ini bersama pihak-pihak terkait, badan pemerintahan, dan komunitas F1. Mereka tak melakukan perhitungan, termasuk informasi publik di sirkuit, dan telah mengukur pengurangan dampak asap selama pekan balap,” ujar juru bicara F1 lewat Independent.

Pengelola sirkuit sekaligus penyelenggara balapan Formula 1 Singapura di Marina Bay juga mencemaskan situasi ini, mengingat kualitas udara Singapura yang naik turun tak terprediksi. Meski begitu, mereka berjanji untuk terus memantau situasi demi keberlangsungan balapan pada 20-22 September nanti.

“Situasi asap sangat bisa berubah, tak hanya dari hari ke hari, melainkan dari jam ke jam. Atas alasan tersebut, saat ini tak memungkinkan untuk memprediksi level PSI yang bisa tercapai selama pekan balap. Kami akan terus bekerja keras dengan pihak pemerintahan terkait demi mendapatkan perkiraan terbaik saat tersedia,” ungkap juru bicara GP Singapura.

Menyambut akhir pekan ini, pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton masih memuncaki klasemen pebalap dengan 284 poin. Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, berhasil memenangi dua seri terakhir, yakni Spa-Francorchamps, Belgia, dan Monza, Italia.

Sumber : Independent

- Sponsor -