Lisensi Android di Tarik Bagaimana Nasib Huawei

DUTASPORTS.com – Perseteruan hebat kali ini muncul dari pihak google dan perusahaan smartphone asal China yaitu Huawei.

Dikabarkan bahwa Google akan menarik kerjasama dengan Huawei. Langkah ini dilakukan karena perintah Donald Trump yang melarang Huawei membeli segala komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintahan.

Karena kebijakan dari presiden Amerika Serikat tersebut, lisensi Android di Huawei akan dicabut sehingga hal ini akan menyebabkan kerugian besar bagi Huawei yang selama ini menggunakan OS Android sebagai sistem operasi utama mereka.

Bagaimana Nasib Huawei Kedepannya ?

Walaupun tidak mempunyai hak OS Android lagi, ponsel besutan China ini masih tetap bisa digunakan dan masih tetap bisa menggunakan OS Android yang berlisensi open-source AOSP (Android Open Source Project).

Dengan tidak ada dukungan dari pihak google akan sistem operasi Android, Huawei akan kehilangan banyak sekali fitur seperti update sistem Android, Play Store, Google Maps, Gmail, Youtube dan masih banyak lagi.

Berutungnya kebijakan baru ini hanya akan di berlakukan untuk ponsel-ponsel Huawei berikutnya, untuk ponse yang sudah sempat beredar seperti Huawei P30, Mate 20, dan lain sebagainya masih tetap akan didukung oleh layanan Android dari Google seperti biasanya.

Hal tersebut sudah dikonfirmasi langsung oleh pihak google sendiri, sehingga para pengguna ponsel Huawei tidak perlu khawatir akan kebijakan baru yang di keluarkan oleh google ini.

“Terkait pertanyaan pengguna Huawei terhadap langkah kami untuk mematuhi ketentuan pemerintah AS baru-baru ini: Kami memastikan kepada Anda, saat kami mematuhi semua persyaratan pemerintah AS, layanan-layanan seperti Google Play dan fitur keamanan Google Play Protect akan tetap bisa berfungsi pada perangkat Huawei sudah beredar saat ini”

Beberapa perangkat baru dari Huawei yang belum sempat beredar yang rencananya akan mengusung program Android Q berpotensi besar tidak akan dilanjutkan karena tidak ada lagi dukungan dari google, sama halnya dengan smartwatch yang rencana akan di bangun menggunakan operasi Wear OS milik Google terancam batal.

Untuk list ponsel yang direncakan menggunakan sistem Android Q seperti : Honor View 20, Honor Magic, Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20X, Mate 20 RS Porsche Design, P30 dan P30 Pro.

“Plan B”

Huawei sendiri menyebutkan tidak ambil pusing akan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Google. CEO Huawei, Richard Yu Chengdong mengatakan bahwa perusahaannya sendiri sedang menyiapkan sistem operasi sendiri untuk ponsel dan komputernya. Sistem Operasi ini kabarnya sudah mulai dikerjakan dari 2012 lalu.

Sebelum keputusan ini, Huawei sudah masuk daftar “entity list” karena dianggap sebagai ancaman ekonomi nasional oleh pemerintah Amerika Serikat. Keputusan ini membuat Huawei tidak bisa membeli komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan Amerika Serikat.

Apakah anda salah satu pecinta produk Huawei ? Bagaimana pendapat anda tentang kebijakan yang di berlakukan Google ini ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here