Huawei dan Android Kembali Berpelukan
- Sponsor -

DUTASPORTS.com – Akhirnya para pengguna Huawei bisa lebih lega, kabarnya Huawei dan Android kembali berpelukan.

Pada konfrensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang, Donald Trump selaku presiden Amerika Serikat tampaknya melunak setelah bernegosiasi dengan presiden China, Xi Jin Ping.

Hasil negosiasi tersebut berbuah hasil yang sangat baik untuk China terutamanya Huawei. Teknologi AS diperbolehkan memasok komponen lagi ke Huawei.

“Atas permintaan dari perusahaan kelas atas kami dan presiden Xi, saya setuju untuk mengizinkan perusahaan China, Huawei untuk membeli produk dari mereka, yang tidak mempengaruhi keamanan nasional kami,” kata Trump.

Berkat kebijaksanaan yang di infokan oleh Trump, Google dkk sudah boleh kembali berbisnis dengan Huawei, dan Huawei bisa kembali menggunakan Android seperti dahulu kala, untuk lini laptop juga akan mendapatkan dukungan dari Microsoft kembali untuk sistem operasi Windows.

Trump mengatakan bahwa masalah Huawei akan dibahas setelah negosiasi dengan China berakhir. Untuk Entity List Huawei juga akan di bahas pekan depan.

“Kami bakal membahas Huawei di akhir. Kami akan melihat apa yang akan terjadi dengan perjanjian perdagangan yang disepakati,” kata Trump.

Trump juga tidak menjelaskan apapun tentang pemblokiran Huawei akan dicabut atau masih ada yang akan dibatasi. Hal ini masih menimbulkan keraguan bagi perusahaan dan asosiasi industri teknologi AS, seperti Semiconductor Industry Association.

Huawei sudah mandiri

Meski kemungkinan besar didukung kembali oleh Google, Huawei sendiri dikabarkan sudah mempunyai sistem operasi besutan sendiri yang disebut dengan Hongmeng.

OS ini dapat berjalan disemua perangkat seperti ponsel, tablet, laptop, smartwatch hingga perangkat Huawei lainnya. Hongmeng sendiri patennya sudah didaftarkan di beberapa negara.

Untuk versi global Hongmeng diberi nama Oak OS. Hongmeng sendiri sudah di kembangkan oleh Huawei sejak 2012 untuk mengantisipasi pemblokiran pemerintahan AS yang ternyata benar terjadi.

Hongmeng akan di rilis secara resmi pada bulan Agustus atau September depan. Apakah Huawei dan Android yang kembali berpelukan ini dapat mempengaruhi OS besutan Huawei Hongmeng ini ?

Sumber : Tekno News

- Sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here