konsumsi kopi berdampak negatif
- Sponsor -

DUTASPORTS.com – Benarkah kebanyakan konsumsi kopi bisa berdampak negatif pada kesehatan.? ini masih menjadi perbincangan yang sering dibahas selama ini.

Menariknya ada sebuah studi terbaru yang menyatakan bahwa, meminum 25 cangkir kopi dalam sehari masih dianggap wajar dan tidak mengganggu kesehatan.

Studi menarik ini dilakukan oleh para peneliti dari William Harvey Research Institute, Queen Mary University.

Hasil studi disampaikan di Manchester dan sebagian pendanaan di bantu oleh British Heart Foundation (BHF)

Hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan meminum 25 cangkir kopi setiap hari tidak akan membuat pembuluh arteri menjadi kaku.

Penjelasan lebih rinci dijelaskan oleh Dr. Kenneth Fung, sebagai pemimpin analisa data pada riset tersebut.

“Meskipun kami tidak bisa membuktikan hubungan sebab-akibat dari studi ini, penelitian kami mengindikasikan bahwa kopi tidaklah berbahaya bagi pembuluh arteri seperti yang disebutkan oleh sejumlah studi,” kata Fung.

Studi dilakukan dengan jumlah partisipan sebanyak 8.000 orang yang berasal dari Inggris. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan daya konsumsi kopi harian.

Rata-rata konsumsi kopi perhari setiap orang adalah berkisar lima cangkir.

“Kami ingin meneliti kelompok orang tersebut lebih mendalam di masa mendatang, sehingga kami bisa memberikan batas anjuran konsumsi.” kata Fung.

Berbeda dengan hasil penelitian Dr. Fung, sebuah studi yang sudah di publikasikan di American Journal of Clinical Nutrion menyatakan bahwa meminum lebih dari enam cangkir kopi setiap hari bisa meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Penelitian tersebut menemukan bahwa, konsumsi kafein dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu penyebab dari penyakit jantung.

Bagaimana menurut kamu perihal perdebatan tentang konsumsi kopi berlebihan berdampak negatif pada tubuh ini ?

Sumber : The Guardian

- Sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here